Cara Pinjaman Online yang Aman

  • Whatsapp

cara pinjaman online yang aman

Cara Pinjaman Online yang Aman di Aplikasi pinjaman uang online – Perkembangan tehnologi saat ini menjadikan bermacam aktivitas jadi lebih ringkas seperti masalah pinjaman uang online. Sekarang ini, cuman dengan modal koneksi internet kamu dapat memperoleh uang pinjaman melalui bermacam opsi aplikasi pinjaman online.

Read More

Namun, kamu mesti lebih waspada dengan makin tumbuh suburnya aplikasi pinjaman uang online ilegal yang ada beberapa yang malah bikin rugi Nasabah. Berikut 7 tips aman pinjaman uang online yang harus diketahui:

1. Saat sebelum Kamu Unduh, Tentukan Aplikasi pinjaman Online yang Telah Terdaftar OJK

Saat sebelum memakai aplikasi pinjaman online, check terlebih dahulu apakah aplikasi tersebut telah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK) ataukah belum. Perusahaan aplikasi pinjaman online yang resmi terdaftar di OJK akan patuh jalankan ketentuan yang berjalan. Dimulai dari besaran bunga, cara penagihan dan keamanan data nasabah.

Perusahaan pinjaman online yang tidak terdaftar OJK yang illegal umumnya berani menyalahi ketentuan OJK, misalnya menentukan bunga yang begitu tinggi sampai lakukan teror pada nasabah.

Baca juga: Daftar pinjaman online yang terdaftar di OJK

2. Yakinkan Bunga pinjaman Transparan serta Tidak Terlalu Tinggi

Saat kamu pinjam uang online, check besaran bunga yang diputuskan. Bila aplikasi online yang kamu kenakan bunga sampai 1% setiap hari atau 30% /bulan, kamu seharusnya tidak pilih pinjaman online itu. Karena OJK memutuskan jika perusahaan fintech jangan memutuskan bunga lebih dari 0.8% setiap hari.

3. Kecuali Bunga, Ketahui Ongkos pinjaman Lainnya yang Dikenai Saat pinjaman

Kecuali dikenai bunga, nasabah umumnya harus juga bayar ongkos yang lain. Setiap fintech pinjaman online mempunyai peraturan masing-masing saat memutuskan biaya lainnya. Umumnya nasabah akan dikenai ongkos administrasi dan ongkos denda keterlambatan.

Ongkos ini harus kamu kenali saat sebelum ajukan pinjaman, umumnya kamu dapat memeriksa di bagian FAQ. Fintech yang aman dan paling dipercaya akan menjelaskan beberapa biaya ini dengan jelas.

4. Baca Peraturan Privacy, Yakinkan Perusahaan Tidak Jual Data Individu Nasabah ke Faksi Ke-3

Saat kamu ajukan pinjaman, coba lebih cermat dalam baca document sisi peraturan privacy. Yakinkan jika perusahaan pinjaman online itu tidak jual data personal kamu untuk menghindar risiko penyalahgunaan data.

5. Yakinkan Fintech pinjaman Online Mempunyai Service Customer

Perlu diingat, apa perusahaan pinjaman online yang kamu pakai mempunyai service customer atau mungkin tidak. Fintech yang aman akan memberi info berkaitan alamat kantor, nomer telephone, dan e-mail dan media sosial untuk nasabah sampaikan aduan. Jika kamu tidak paham alamat kantor atau nomor telephone lantas di masa datang terjadi permasalahan, kamu yang akan kesulitan sendiri.

Baca : Mengenali Apakah itu Fintech pinjaman Online

6. Tulis dan Ingat Tanggal Jatuh Tempo

Sesudah pinjaman kamu cair, janganlah lupa untuk menulis dan ingat kapan tanggal jatuh temponya yakni batasan akhir pembayaran utang. Jika sampai kamu bayar melalui dari jatuh termin kamu yang akan rugi sendiri. Utang kamu akan makin besar karena ditambahkan ongkos denda keterlambatan.

7. Ketahui Risiko Menunggak pinjaman Online

Berhutang tentu harus dibayar, apabila kamu tidak bayar pasti ditagih. Oleh karena itu, kamu perlu memerhatikan bagaimana cara dan proses penagihan yang dilaksanakan saat pinjam uang online.

fintech pinjaman online yang betul akan mengaplikasikan proses penagihan sesuai ketentuan OJK. Risiko yang lain harus kamu ketahui ialah jika kamu tidak sanggup membayar utang. Umumnya, usaha paling akhir yang akan dilaksanakan perusahaan fintech ialah memberikan laporan kewajiban dan status credit kamu yang menunggak ke Credit Agen.

Bila ini terjadi, nanti kamu akan susah untuk ajukan pinjaman ke instansi keuangan karena kamu telah mempunyai catatan jelek menunggak utang.

Sekarang ini pinjam uang online memang makin cepat dan mudah. Ada beberapa aplikasi pinjaman online yang tawarkan akses pinjaman uang buat kamu. Tetapi dengan ramainya aplikasi pinjaman online illegal, banyak nasabah dirugikan. Oleh karena itu, saat sebelum pinjam uang online yakinkan kamu telah lakukan 7 tips aman pinjaman uang online di atas, sehingga dapat ajukan pinjaman secara nyaman dan aman.

Related posts